Dihadang Razia, Pengendara Kalang Kabut

Minimalisir 3C, Satlantas Polres Lahat Gelar Razia

LAHAT – Razia kendaraan bermotor yang digelar Satlantas Polres Lahat Rabu (8/2) sore di Jalan RE. Martadinata Keluarahan Bandaragung Kecamatan Kota Lahat membuat sejumlah pengendara kalang kabut memutar arah menghindari petugas. Umumnya, mereka yang ‘banting setir” menghindari razia tersebut merupakan pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm. Bahkan, para pengendara nekat memutar balik kendaraannya hanya berjarak beberapa meter saja dari pertugas Satlantas.

Ada juga pengendara yang segera memutar arah selagi jauh, setelah mendapat informasi dari pengendara lainnya yang tengah melintas. Namun, tetap saja banyak pengendara yang terjebak dalam razia yang digelar dekat SMPN 05 Lahat tersebut. Setidaknya, puluhan pengendara yang tidak dilengkapi surat menyurat serta melanggar aturan lainnya, terjaring dalam operasi yang dipimpin oleh KBO Satlantas Polres Lahat, Iptu. Idian Kusma itu.

“Operasi ini untuk menekan 3R, yakni Curat (pencurian dengan pemberatan, red), Curas (pencurian dengan kekerasan, red) dan Curanmor (pencurian terhadap kendaraan bermotor, red),” terang Kapolres Lahat, AKBP. Rantau Isnur Eka, SIK melalui Iptu. Idian Kusma.

Sebagai tindakan, lanjut Idian, bagi pengendara yang tidak dilengkapi sama sekali surat menyurat, maka kendaraannya langsung dibawa ke Kantor Satlantas Polres Lahat. Sedangkan untuk jenis pelanggaran lainnya dikenakan tilang.

Hanya saja, berbeda dengan penindakan tilang sebelumnya, kali ini para pelanggar langsung diwajibkan untuk langsung membayar denda melalui sistem E-Tilang. Dimana, dalam sistem ini, pelanggar membayar denda dengan nominal sesuai dengan diktum pasal pelanggaran yang berlaku.

“Pembayaran bisa dititipkan kepada petugas dan bisa pula membayar sendiri langsung ke BRI,” imbuhnya.

Pantauan di sepanjang ruas jalan RE. Martadinata, selain banyak yang memutar balik, di sejumlah titik tepian jalan juga banyak pengendara khususnya sepeda motor yang memilih menghentikan kendaraannya.

“Berenti dulu, daripada kagek keno tilang. Gek abis razia, baru jalan lagi” ujar salah seorang pengendara sepeda motor yang enggan disebut namanya. (red)

Share This:

Leave a Comment