Dikasih Waktu 15 Menit

LAHAT – Sebanyak 187 siswa bintara TNI AD selesai mengikuti pendidikan pertama di Dodik Secaba Rindam II Sriwijaya. Senin (13/02), Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Sudirman SH MH MM, langsung melantik ratusan bintara muda tersebut, di Dodik Secaba Rindam II Sriwijaya, di Kelurahan Pagar Agung, Kota Lahat.

Menariknya, usai dilantik dan melakukan berbagai atraksi militer, orang nomor satu di jajaran Kodim II Sriwijaya itu memberikan waktu 15 menit kepada orang tua dan keluarga bintara untuk mencari putra dan keluarga masing-masing. Dalam posisi berbaris, wajah menggunakan masker samaran TNI, tentu saja membuat orang tua dan keluarga kesulitan mengenali bintara yang dicari.

Bahkan, hingga waktu yang diberikan berakhir, belasan orang tua tidak berhasil menemukan putranya. Apalagi bintara muda yang dicari, dilarang memberikan kode atau pun memanggil orang tua dan keluarganya yang sengaja hadir dalam pelantikan. “Sudah lima bulan anak kami pendidikan, tentu sedih dan haru, apalagi suasananya seperti ini,” kata seorang orang tua bintara muda, asal Lampung.

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Sudirman SH MH MM berpesan, keberhasilan ini harus jadi sumber motivasi dan modal dasar kelanjutan pendidikan bintara muda, dan ditekankan menggunakan taktik dan strategi yang didapat saat pendidikan, setelah ditugaskan nanti. “Bintara muda yang baru dilantik dan diambil sumpah dapat menjadi bintara yang handal dan profesional dalam bertugas,” papar Sudirman. Sebelum bertugas disatuan jajaran TNI AD, para prajurit Rindam II/Sriwijaya akan mengikuti tahapan pendidikan lanjutan/kejuruan sesuai dengan kecabangan masing masing, sehingga senantiasa siapkan fisik dan mental. (red)

Share This:

Leave a Comment