Antisifasi Kebanjiran, Warga Usul Normalisasi Siring Ayek Tue

Lahat – Kelurahan Pasar Bawah hingga saat ini masih menjadi wilayah yang perpotensi besar alami kebanjiran. Mengingat air yang berasal dari wilayah Gunung Gajah, dan RD PJKA terus mengirim air dengan debit berpariasi ketika hujan. Sehingga siring ayek tue tak dapat menampung debit air, dan meluap hingga kepemukiman warga.
Lurah Pasar Bawah, Suyoto SE, melalui Seklur, Asransyah membenarkan bahwa diwilayah Rw 1, Rt 02, Rt3, dan Rw 2 Rt 04, dan Rt 05, masih berpotensi alami kebanjiran. Kebanjiran sendiri dipicu oleh siring ayek tue semakin banyak terisi batu koral dan sampah. Ditambah karena air kiriman dari Gunung Gajah dan RD PJKA. Sehingga siring ayek tue tak dapat lagi menampungnya.
“Siring ayek tue ini la ade dari zaman Belande. Kalau dulu persis seperti air lematang, lancar dan deras. Sekarang kalau kondisi hujan deras terkadang air meluap, hingga sebabkan rumah warga jadi kebanjiran,” terang Asransyah, Rabu (15/2).
Lanjutnya, untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya pernah menyampaikan usulan air dari Gunung Gajah dan RD PJKA, dialihkan langsung ke sungai lematang. Selain itu pihaknya juga mengusulkan untuk melakukan normalisasi terhadap siring ayek tue, seperti penggerukkan pasir dan koral yang telah memenuhi siring.
“Kita juga telah mengusulkan untuk lakukan pendalaman gorong gorong siring ayek tue. Kalau gorong gorong sudah dibesarkan, siring ayek tue sudah dinormalisasi. Walupun masih dapat air kiriman, kami yakin air siring tidak akan meluap dan menggenangi rumah warga lagi,” sampainya.
Disisi lain, Aris (29) warga yang berlokasi didekat siring ayek tue menuturkan, siring ayek tue memang layak untuk mendapatkan perhatian. Saat musim kemarau batu koral di siring ayek tue memang bisa terlihat mata, namun jika musim penghujan siring selalu meluap dan membawa sampah ketiap rumah warga.
“Bagusla kalau sudah ada rencana untuk membenahi siring ayek tue ini. Kami selaku warga juga akan siap mendukung pembenahan itu,” kata Aris. (red)

Share This:

Leave a Comment