Kades Harus Jadi Contoh

 

LAHAT – Kepala desa harus menjadi contoh bagi warganya. Saya minta kades menjadi contoh bukan memberi contoh,  ujar Bupati Lahat H Aswari Riva’i SE saat mengukuhkan pengurus Forum Komunikasi Pemerintah Desa, Jumat (172)

Kata Aswari memberi contoh sifatnyaa hanya sementara yakni pada momen tertentu saja. Tapi kalau menjadi contoh, sifatnya setiap saat dan jadi panutan.

Diingatkannya, jabatan kades sebagaimana halnya jabatan bupati merupakan amanah masyarakat. Amanah itu diberikan, sambunya, tidak lain karena masyarakat percaya pada pemangku jabatan.

Karenanya, jaga kepercayaan masyarakat melalui jabatan yang diemban. Kita ini bukan siapa-siapa kalau tidak didaulat masyarakat, ingatnya.

Terkait pengukuhan Forum Kades Aswari mengapresiasi. Kali pertama era kepemimpinanya dibentuk Forum Kades. Karenanya, melalui forum ini hendaknya para kades dapat lebih solid di dalam menjalin komunikasi dan silaturahmi di antara mereka, serta maksimal dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.

Ketua Pengurus Kabupaten Forum Komunikasi Pemerintah Desa 2017-2020 yang dikukuhkan, Iduar Alamsyah, pembentukan forum kades erupakan gagasan dan pikiran mereka selaku aparatur pemerintah desa. Forum ini embrionya terbentuk pada bulan Juli 2016 dengan difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), yang sebelumnya bernama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPDes).

Kami berharap forum ini akan menjadi suatu organisasi yang dapat bekerjasama serta membantu pemerintah mewujudkan Lahat Bangkit 2018, ujar pria yang menjabat Kades Kebur, Kecamatan Merapi Barat.

Sekda Lahat Nasrun Aswari mengaku optimis terhadap kinerja Forum Komunikasi Pemerintah Desa. Sebab, kredibilitas para pengurusnya sejauh ini tidak diragukan lagi. Yang jelas harus kompak satu suara, jangan ada perselisihan, harapnya.

Hadir dalam acara pengukuhan ini diantaranya Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Hj. R. Rukmi Kurnia Sismartianti Aswari, Sekda H. Nasrun Aswari, Dandim 0405 Letkol (CZI). Srihartono, Wakapolres Kompol. Efri Tambunan, serta sejumlah pejabat FKPD dan SKPD lainnya. (red)

Share This:

Leave a Comment