Tahanan Polres Lahat Mendapat Siraman Rohani

Gali: “Keterlaluan Masuk Penjara Tak Koreksi Diri”

LAHAT – Meskipun masih dalam proses penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan petugas, namun 15 orang tahanan yang saat ini tengah mengisi kesehariannya dibalik jeruji besi sel Mapolres Lahat atas pelanggaran hukum yang diperbuat mendapat pembinaan oleh Polres Lahat. Demikian dilakukan jajaran Satbinmas Polres Lahat, Jumat (19/2) lalu.

Dalam paparannya, Kapolres Lahat AKBP. Rantau Isnur Eka, SIK melalui AKP. Gali Atmajaya, SIK menekankan akan pentingnya introspeksi, retrospeksi dan koreksi diri bagi para tahanan selama menjalani hukuman.

“Sungguh amat keterlaluan jika seseorang sudah masuk penjara tetapi tidak berhasil melakukan koreksi terhadap dirinya,” sampai Gali, usai Sholat Sunah Jumat berjemaah dengan para tahanan tahanan Mapolres Lahat, dengan Imam Ipda. H. Yuslan.

Karena itu, Gali mengingatkan agar para tahanan hendaknya menjadikan hukuman penjara ini sebagai institusi koreksi dan wadah pembinaan guna merehabilitasi diri. Sehingga, tindak pelanggaran hukum serupa atau lainnya, hendaknya tidak terulang lagi pasca menghirup udara bebas nantinya.

“Jadikan hukuman penjara ini sebagai tempat pembelajaran agar para penghuni sekalian menjadi warga yang lebih baik dan patuh terhadap hukum,” ajaknya.

Lebih lanjut diterangkan mantan Kasatlantas Derli Serdang ini, pembentukkan penjara sebagai institusi koreksi sesungguhnya dipengaruhi oleh faktor internal yang ada di penjara itu sendiri. Apabila aspek negatif yang ada pada suatu penjara lebih banyak daripada aspek positifnya, maka fungsi sebagai institusi koreksi pun tidak akan berjalan dengan efektif.

“Semoga pembinaan rohaniah hari ini memberi dampak positif bagi para penghuni penjara,” harapnya. (Red)

Share This:

Leave a Comment